Senin, 14 Januari 2013

Budaya Kota Seremban

Secara historis, Negeri Sembilan dipengaruhi oleh Minangkabau ini dan dengan demikian, Seremban adalah pusat dari budaya Minangkabau di Malaysia. Minangkabau, berasal dari kata Melayu Menang Kerbau, yang berarti "kerbau menang", terkenal untuk arsitektur atap yang unik yang menyerupai tanduk kerbau. Banyak bangunan di Seremban diadaptasi fitur ini, seperti Seremban Dewan Kota Hall, Wisma Negeri dan Museum Negara.
Orang-orang dari Negeri Sembilan juga dikenal untuk praktek tradisi Melayu kuno yang disebut Adat Perpatih, dimana perempuan diberi status sosial yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki.
Seremban saat ini menjabat sebagai dasar rumah Negeri Sembilan tim sepak bola. Tim adalah wakil negara bagian Negeri Sembilan di Malaysia papan atas Liga Super. Mereka bermain game rumah mereka di Tuanku Abdul Rahman kapasitas 30.000 Stadion yang terletak di paroi di pinggiran kota.
Seremban ini terkenal dengan hidangan khusus yang terdiri dari Melayu, masakan Cina, dan India. Di antara masakan lokal yang terkenal adalah Seremban Siew Pau yang terkenal di seluruh negeri. Ini adalah kue bun serpihan diisi dengan tambalan daging babi baik, rasa tradisional atau ayam yang halal.
Selain dari Pau Siew terkenal, Seremban juga terkenal dengan Nasi Padang atau masakan Minangkabau. Hal ini kaya krim kelapa dan umumnya disertai dengan porsi murah hati cili padi (cabe mata burung).
Rupanya Seremban terkenal dengan kepiting panggang mie daging sapi dan, terutama sapi mie warung di sini yang telah bertahan lebih dari satu generasi. Saat ini, ini mie daging sapi yang terkenal menarik banyak turis dari negara luar untuk Seremban di sini dengan kuah kental licin dan ditaburi, saus pedas lengket dengan kacang, sayur asin, daun bawang dan biji wijen.
Desserts lokal termasuk ABC atau udara batu berarti campur es serut dengan sirup gula merah dan bumbu naik, jagung, kacang-kacangan, dan cendol.
Seremban memiliki sejumlah kecil rumah sakit dan pusat kesehatan, yang meliputi rumah sakit pemerintah dan tiga rumah sakit milik swasta.
Tuanku Ja'afar Hospital, sebelumnya dikenal sebagai Seremban Rumah Sakit Umum adalah rumah sakit rujukan untuk negara dan negara bagian Negeri Sembilan. Didirikan pada tahun 1930 dengan total kapasitas tempat tidur 800 dan 20 spesialisasi klinis dan layanan dukungan berbagai. Terletak di Bukit Rasah, Seremban, rumah sakit menempati area seluas 212 hektar (0,86 km2) dari tanah.
Rumah sakit lainnya termasuk Columbia Asia Medical Center, yang dibuka pada tahun 1999 dan sekarang memiliki 80 tempat tidur dan menawarkan layanan spesialis rawat jalan dan rawat inap, klinik 24 jam dan layanan darurat.
Pada tahun 2004 sebuah rumah sakit baru didirikan, Seremban Rumah Sakit Spesialis yang memiliki total kapasitas 109 tempat tidur. Rumah sakit yang terletak di pinggiran kota Seremban yang tepat di belakang Museum Negara.
Negeri Sembilan Rumah Sakit Bersalin Cina juga merupakan rumah sakit swasta yang memiliki 75 tempat tidur. Ini terletak di sepanjang Jalan Tun Ismail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar