Sabtu, 26 Januari 2013

Benarkah uang bisa membeli kebahagiaan?

Uang tak bisa membeli kebahagiaan, begitulah ungkapan lama yang sering didengar dan diamini banyak orang. Namun sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa semakin kaya seseorang semakin mudah merasa bahagia.

Penelitian yang ditulis oleh peneliti Daniel W Sacks, Betsey Stevenson, dan Justin Woflers mengamati bagaimana kekayaan berkaitan dengan kebahagiaan. Penemuan mereka menunjukkan seberapa besar efek kenaikan gaji dan kekayaan terhadap kebahagiaan, seperti dilansir oleh Daily Mail (12/01).

Peneliti menganalisis tingkat keuangan 122 negara dengan tingkat kebahagiaan masyarakat mereka. Secara mengejutkan mereka menemukan bahwa masyarakat di negara maju dan kaya lebih udah bahagia dibandingkan dengan masyarakat di negara miskin.

Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa kebahagiaan konstan bisa dirasakan jika Anda terus-menerus menaikkan pendapatan. Misalkan jika Anda merasakan bahagia ketika gaji Anda naik Rp 2 juta. Maka untuk merasakan perasaan bahagia yang sama, Anda harus secara konstan menaikkan gaji Anda dua kali lipat, misalkan dengan kenaikan gaji Rp 4 juta.

Penemuan lainnya, penelitian ini menunjukkan bahwa rasa kepuasan meningkat ketika pendapatan juga ikut meningkat. Bagaimana pendapat Anda, setuju dengan hasil penelitian di atas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar